Selain Ganti Oli Mobil, Komponen Ini Juga Wajib Diganti Secara Berkala

September 15, 2020 by No Comments

Mobil merupakan alat transportasi yang sangat membantu dalam mobilitas, baik itu untuk bekerja, wisata, dan perjalanan lainnya. Namun, Anda juga harus siap untuk mengeluarkan dana perawatan seperti servis rutin, ganti oli mobil, atau membeli berbagai komponen jika memang dibutuhkan. Hal tersebut harus dilakukan agar kondisi mobil bisa tetap prima dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan di perjalanan.

Sayangnya, masih cukup banyak yang tidak memperhatikan hal di atas dan seakan-akan hanya ingin bagian enaknya saja. Mereka menganggap bahwa servis rutin atau mengganti oli adalah sebuah pengeluaran tambahan. Padahal, jika mereka tidak pernah servis rutin dan mobil mengalami masalah serius, biaya yang harus dikeluarkan malah bisa lebih banyak daripada biaya servis rutin tersebut.

Komponen Mobil yang Wajib Servis Secara Berkala

1. Oli mesin dan filter oli

Komponen pertama yang wajib diservis secara rutin adalah oli mesin. Oli memang memiliki fungsi yang sangat penting, yakni pelumas mesin supaya bisa bekerja dengan maksimal dan mengurangi gesekan antar komponen. Biasanya ada jangka waktu tertentu untuk segera mengganti oli. Anda sebagai pemilik mobil tidak boleh melupakan hal tersebut. Jika perlu, pasang pengingat pada ponsel untuk ini.

Jika pahit-pahitnya Anda lupa berapa lama lagi harus ganti oli, cobalah perhatikan kondisi oli. Jika oli sudah berubah menjadi hitam pekat dan kental serta suara mobil yang kasar, itulah tanda bahwa Anda harus segera mengganti oli. Normalnya, pergantian oli ini sebaiknya dilakukan setiap 5.000—10.000 km atau kisaran 6 hingga 12 bulan tergantung dari oli yang digunakan.

Tidak hanya oli mesin saja, namun filter oli tidak kalah penting dan tetap harus mendapatkan perhatian. Filter oli ini memiliki fungsi menyaring kotoran dan memastikan oli yang melewatinya dalam keadaan bersih. Ketika filter oli kotor, proses penyaringan tidak akan maksimal dan tentu akan berpengaruh pada performa mesin. Harga ganti oli tidak terlalu mahal. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggantinya.

2. Busi

Walaupun berukuran kecil, namun perannya pada performa mesin cukup besar. Busi berperan dalam proses pembakaran mesin. Jika busi pada mesin kotor, maka akan muncul beberapa dampak negatif. Pertama, mobil akan menjadi sulit untuk dihidupkan. Kedua, busi yang kotor akan membuat mobil menjadi boros bahan bakar. Tentu saja ini akan menguras isi dompet Anda jika dibiarkan berlarut-larut.

Seperti halnya oli mesin, ada jangka waktu tertentu hingga busi harus diganti. Normalnya, pabrik pembuatan mobil merekomendasikan untuk mengganti busi ketika sudah menempuh jarak 10.000-20.000 km. Dalam rentang waktu tersebut, busi juga harus rutin melakukan pembersihan.

3. Ban Mobil

Sudah bukan menjadi pertanyaan lagi bahwa komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat besar. Bahkan ketika ban bermasalah, mobil seperti tidak ada lagi fungsinya karena tidak dapat bergerak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk rutin melakukan pengecekan dan perawatan pada komponen ini. Apalagi jika mobil sering melewati jalanan yang rusak dan berlubang.

Kondisi ban yang tidak sehat akan membuat mobil mengalami berbagai masalah saat melaju seperti sulit bermanuver dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Sudah banyak kasus kecelakaan mobil yang disebabkan oleh masalah pada ban dan harus merenggut korban jiwa. Selain itu, ketika ban sudah menipis, itulah saatnya Anda untuk menggantinya.

4. Kampas Rem

Kampas rem adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengatur pengereman. Selain itu, komponen ini juga berguna untuk memudahkan pengemudi jika sewaktu-waktu membutuhkan pengereman mendadak. Di jalan yang menurun atau menanjak, rem juga sangat diperlukan agar tidak selip turun dan menyebabkan kecelakaan.

Kampas rem yang habis akan berisiko menyebabkan rem tidak pakem dan akan terasa bergetar ketika sedang mengerem. Sebaiknya ganti kampas rem setiap 40.000 km perjalanan atau sekitar 2 tahun untuk menjaga performanya tetap maksimal dan berkendara menjadi lebih aman.

Itulah tadi beberapa komponen mobil yang harus Anda cek secara berkala. Untuk pengecekan lebih lengkap Anda bisa menggunakan Otomall.id. Otomall.id merupakan layanan tune up dan ganti oli Jakarta untuk mobil kesayangan Anda. Mengenai kualitas, Anda tidak perlu khawatir karena Otomall.id telah bekerja sama dengan berbagai bengkel-bengkel pilihan.