Penting! 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jelang Kelahiran Bayi

July 23, 2020 by No Comments

Hampir setiap pasangan menginginkan kehadiran buah hati. Momen kehamilan menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Ketika kehamilan itu terjadi, Anda sebagai calon orangtua pun tidak sabar menanti hari kelahiran tiba. Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari memberikan nutrisi terbaik, pemilihan nama bayi, pakaian bayi, hingga mendekor kamar bayi. Sembilan bulan lamanya menanti bertemu dengan buah hati terbayar sudah ketika mendengar tangisnya pertama kali.

Untuk menyambut buah hati yang sudah lama dinantikan, memang ada banyak sekali hal yang dipersiapkan. Anda akan menyambut anggota keluarga baru, jadi tidak salah jika Anda melakukan persiapan terbaik. Sama seperti pesta pernikahan yang perlu persiapan maksimal, persiapan menyambut kehadiran buah hati juga tidak boleh kalah maksimal.

Persiapan Menyambut Kehadiran Buah Hati

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kehadiran buah hati, yaitu :

  1. Rencana persalinan

Pertama, rencana persalinan. Tentukan tempat, tenaga kesehatan yang membantu persalinan, hingga metode persalinan yang Anda inginkan. Tentukan sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir) tiba.

Sebelum merencanakan persalinan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang menangani Anda, terutama soal metode melahirkan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin melahirkan secara normal, pastikan hal itu bisa dilakukan. Jika tidak bisa, melahirkan dengan C-Section juga tidak masalah.

2. Dokter anak

Kedua, cari rekomendasi mengenai dokter anak terbaik di lingkungan tempat tinggal Anda. Setelah melahirkan, Anda perlu konsultasi dengan tenaga kesehatan terpercaya terkait perkembangan dan kondisi buah hati Anda.

Ada serangkaian hal yang juga perlu dilakukan oleh si bayi, mulai dari imunisasi hingga kontrol kesehatan. Dengan memilih dokter yang tepat, anak Anda akan ditangani oleh orang yang tepat yang sesuai dengan bidangnya.

3. Cuti melahirkan

Ketiga, persiapkan untuk cuti melahirkan. Ini penting untuk orangtua yang dua-duanya adalah pekerja. Baik istri maupun suami, perlu mengambil cuti selama masa melahirkan ini. Istri wajib mengambil cuti karena dia yang akan melahirkan. Suami juga sangat disarankan untuk mengambil cuti sebagai bentuk dukungan kepada istri dan buah hatinya.

 

4. Kebutuhan bayi

Keempat, persiapkan kebutuhan bayi, mulai dari pakaian bayi, handuk, kaos kaki, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan oleh bayi. Termasuk juga nama bayi. Masukkan beberapa perlengkapan pada tas siaga persalinan untuk dibawa ketika hari melahirkan tiba.

5. Kebutuhan ibu

Kelima, persiapkan kebutuhan ibu untuk melahirkan. Dalam tas siaga persalinan, bukan hanya perlengkapan bayi yang perlu dibawa, namun juga perlengkapan ibu, seperti baju menyusui, perlengkapan mandi, dan sebagainya.

Demikian 5 hal yang perlu dipersiapkan jelang kelahiran bayi. Salah satu yang perlu dipikirkan dengan baik adalah pemberian nama bayi. Jangan pernah sembarangan dalam memilihkan nama untuk buah hati Anda. Nama adalah doa. Jadi, pilihkan nama terbaik untuk bayi Anda agar doa baik selalu menyertainya selama hidup di dunia.